[Update] Kontrak Kerja "Sebelum Titik" #Draft2 ke #Draft3 dan Rencana ke #Draft4

tanggal lahirnya jadi diundur beberapa minggu.

kecewa? dikit doang sih. soalnya kemunduran ini juga sebuah proses kok. artinya aku belum paham sama sistem menulis yang sesuai dengan diriku. butuh lebih banyak jam terbang untuk tau itu, kan. so, i will not judge myself this soon or push myself too hard. writing is about enjoying the process, right? 😄

di kontrak kerja sebelumnya, aku merencanakan timeline seperti ini:

PLAN A

#draft02: birthdate 26 september 2021

fermentasi #draft02: 27 - 30 september 2021

#draft03: 01 - 12 oktober 2021

fermentasi #draft03: 13 - 19 oktober 2021

#draft04: 20 - 27 oktober 2021

tapi, semuanya berubah sejak negara api menyerang. so, this is what happened in the reality...


REALISASI PLAN A

birthdate #draft02 berubah dari 26 september jadi 03 oktober 2021.

lalu aku fermentasi sekitar seminggu, dari tanggal 04 - 08 oktober 2021. aku mencetak draft 02 itu biar bisa dibaca lebih nyaman--sekalian mengikuti tips dari mbak dee yang katanya naskah yang diprint itu akan berbeda feel ngeditnya daripada ngedit versi digitalnya. dan bener loh. aku jadi ngeliat banyak kata-kata yang salah, jufa fakta-fakta yang harus disinkronkan. selain itu, aku mengedit juga sembari membaca dengan lantang, dan itu ngebantu banget buat fokus dan menyadarkan otak kalau-kalau ada kalimat yang kurang enak di dengar dan perlu diperbaiki.

aku start ngedit #draft03 tanggal 09 oktober 2021 dan akhirnya baru selesai tanggal 31 oktober 2021. padahal birthdate sebelumnya direncanakan tanggal 12 ya. ngaret nyaris 3 minggu hahaha dari awalnya cuma 12 hari kerja, ternyata aku butuh 23 hari untuk menyelesaikannya. worth it juga sih karena di #draft03 ini aku udah tambal beberapa plot hole yang kutemukan, timeline waktunya juga sudah sinkron, dan beberapa dialog juga udah aku benerin.

so it's fine, tin. intinya sekarang draft 03 udah selesai dan aku sedang menuju ke draft 04.

so, untuk #draft04 ini, rencananya gini:

⛏ jumlah bab: prolog + 22 chapters = 23 chapters

⛏ sehari 3 chapters dengan pengecekan 3 kali putaran.

⛏ 23/3 = 8 hari

⛏ start - finish: 06 - 13 november 2021

hal-hal yang re-check dan diperbaiki

🔪 pastikan kronologi sebab-akibat tiap kejadian sudah berkesinambungan (there is no more plot hole)

🔪 pengembangan karakter utama udah dapet

🔪 porsi karakter pendukung yang optimal dan pas

🔪 fakta dan data

🔪 otorisasi pihak luar

🔪 bahasa, ungkapan, kosa kata, diksi

🔪 pemotongan bab yang tepat

🔪 baris demi baris (udah enak dibaca atau belum)

🔪 typo, cetak miring, tebal, underline, dll.

⛏ birthdate: 13 november 2021

⛏ output: #draft04 yang bab dan susunan kalimat-kalimatnya enak dibaca, logis, berkesinambungan, nggak ada plot hole, karakter dikembangkan dengan sewajarnya, serta perintilannya yang udah sebagus mungkin. 

selain itu, aku udah mau upload naskah di kwikku sekalian promosi juga. pengennya sih tayang tanggal 06 november soalnya itu hari pertama ngedit draft 04 juga kan. tapi hari itu banyak banget acara, kayaknya bakal hectic sih. jadi mending realistis aja. insyaAllah mulai tayang di kwikku hari minggu, 07 november 2021. aku up prolog, chapter 01 dan 02 nya. setelah itu tetap ikut jadwal tayang yang udah aku rencanain.

karena deadline lombanya tanggal 04 desember 2021, berarti setidaknya per tanggal 03 desember 2021, aku udah selesai upload 55.000 kata. so, tayangnya setiap senin-kamis-sabtu, 2 chapter per harinya. kecuali di hari tayang perdana (minggu, 07 november) itu 3 chapter karena masuk prolog juga. kalau gitu, dua chapter terakhir yaitu chapter 21-22 insyaAllah akan tayang di hari senin, 29 november 2021

remember to make sure you have KILL YOUR DARLINGS. but don't throw it away forever, keep it in the different place, it could be a bibit for another story.

ok?

Comments