standar kebahagiaan

kalau lagi nyetir selalu aja muncul random thought yang alhamdulillah belakangan ini selalu yang baik-baik sih. misal, tadi pas di jalan ke kemenag. 

aku keinget betapa dulu aku begitu terganggu dengan masa depanku di bidang pendidikan dan karir. di usia segini, aku baru D3 dan susah banget buat bisa S1. sedangkan teman-teman seusiaku malah sudah ada yang S2. lah aku, S1 aja belum. umur udah hampir kepala 3 tapi hilal untuk bisa kuliah S1 belum juga terlihat. ya, dulu aku rempong banget ngeluhin itu. menganggap itu sangat gawat dan aku harus segera mencari jalan keluarnya. lalu, ketika sana-sini udah mentok, aku jadi stress sendiri. ngerasa diri nggak berguna, salah milih jalan, kembali menyesali keputusanku di masa lalu karena sudah memilih pekerjaan ini.

itu aku yang dulu.

sekarang, aku seolah bisa melihat diriku yang dulu. rasanya geli sendiri. kenapa sih tin, gitu aja direpotin? diizinin buat mengganggu hari-harimu? sampai kamu bela-belain konsul ke psikolog soal itu, iya kan? kenapa coba? wkwkwk

soalnya, dulu, aku merasa itu gaswat to the max. aku ngejar gelar karena udah kepepet umur. malu kalau orang-orang tahu aku baru D3. padahal, apa salahnya, coba? emang kenapa kalau baru D3? kenapa kalau umur segini belum S1? emangnya nanti di akhirat bakal ditanyain gelar pendidikan kita apa aja? mau sepanjang apapun, nggak bakal ada yang nanyain itu di akhirat nanti. yang ditanyain justru adalah amal ibadah yang udah kita tunaikan di dunia. apakah gelar-gelar itu membawa berkah atau justru kemudharatan? apakah jenjang pendidikan yang ditempuh itu membuat kita dekat dengan Allah atau justru malah jauh melenceng dari jalan-Nya? itu yang harusnya kamu khawatirin, tin.

so, it doesn't matter kamu baru D3 atau udah S1. yang terpenting adalah, kamu bisa menuntun diri kamu untuk memanfaatkan waktu saat ini sebaik mungkin. kalau belum dikasih rejeki untuk lanjut kuliah, yaudah lakukan hal lain. mempersiapkan iman yang kuat biar nggak goyah saat kesibukan kuliah menerjang, misalnya. 

bicara soal goyah, aku juga sempat baca postingan yukngajibandung yang rasanya relate banget buat aku;

jodoh dan maut sama-sama udah dijamin oleh Allah. tapi, jodoh belum tentu ketemu di dunia. jodoh bisa berupa pasangan hidup, bisa juga dialihkan menjadi pahala akhirat ketika kita berikhtiar dan selalu berprasangka baik pada takdir Allah. sedangkan maut udah pasti menjemput. tapi seringkali kita justru lalai mempersiapkan diri mengahadapi "tamu" yang pasti akan datang cepat atau lambat itu.

duh, nyess banget nggak sih? rasanya kayak dibuka lagi dan lagi pemikiranku yang dulunya sempit banget jadi sedikit lebih luas. sedikit lebih bisa melihat sisi lain dari hal-hal yang dulu aku khawatirkan, keluhkan, dan justru aku hindari untuk aku pikirkan. kayaknya, dulu aku emang banyak salah galaunya. mengkhawatirkan hal yang ga perlu dan justru lalai dalam memikirkan hal yang esensial buat kehidupan yang abadi kelak.

yuk bisa yuk, dikit-dikit benahi diri, tin :)

Photo by Aaron Burden on Unsplash


Comments